Download aplikasi daftar SIM Online

Updated: 28 July
Download aplikasi daftar SIM Online

SIM atau Surat Ijin Mengemudi merupakan dokumen berupa kartu yang wajib dimiliki setiap orang yang menggunakan kendaraan di jalanan umum.

Sim ini merupakan bukti bahwa seseorang mendapatkan ijin untuk mengendari kendaraan tertentu. Jika seseorang tidak memiliki SIM lantas ia mengendari kendaraan, maka hal itu adalah perbuatan ilegal yang melanggar hukum.

SIM ini sendiri dikeluarkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia. Seseorang bisa memiliki SIM setelah melakukan serangkaian uji yang dilakukan oleh petugas kepolisian dan petugas terkait lainnya seperti dokter dan psikolog.

Proses pembuatan SIM tidaklah terlalu lama, cukup sehari saja. Namun prosesnya cukup panjang karena harus mengurus sana-sini.

Yang pertama seseorang yang akan membuat SIM harus melakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi dulu di klinik yang sudah ditentukan. 

Berikutnya baru menuju ke area pembuatan SIM untuk mengikuti serangkaian ujian seperti ujian teori dan praktek.

Untuk perpanjangan SIM juga prosesnya mirip, kecuali bagian praktek mengemudi yang ditiadakan.

Proses persiapan ini yang memakan cukup lama karena cukup banyak peserta lain yang datang. Antrian bisa saja puluhan kecuali jika kita datang lebih awal.

Namun saat ini proses antrian yang panjang untuk pendaftaran pembuatan atau perpanjangan SIM bisa diminimalisir.

Kemajuan teknologi dimanfatkan oleh pihak Polri agar proses pendaftaran bisa lebih cepat dengan menggunakan teknologi digital berupa aplikasi.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk daftar SIM online. Tidak hanya daftar saja, namun perpanjangan SIM juga bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

Fitur Aplikasi Korlantas Polri

Berikut ini fitur yang tersedia ataupun yang akan tersedia pada aplikasi Korlantas Polri

  1. SINAR (SIM Nasional Presisi)
  2. Perpanjangan SIM
  3. Pembuatan SIM Baru (akan segera tersedia)
  4. SIGNAL (Samsat Digital Nasional)
  5. Pembayaran PKB (akan segera tersedia)
  6. E-TBPKP dan E-Pengesahan (akan segera tersedia)
  7. SAMSAT Keliling (akan segera tersedia)
  8. NTMC POLRI
  9. CCTV (akan segera tersedia)
  10. Berita (akan segera tersedia)
  11. ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement)
  12. Notifikasi Real Time (akan segera tersedia)

Download Aplikasi Daftar SIM Online

Saat ini kalian bisa melakukan pendaftaran langsung melalui aplikasi tersebut. Untuk bisa menggunakannya cukup download aplikasi Digital Korlantas Polri melalui link Google Playstore di bawah ini

>> Download di sini <<

Berikutnya kalian registrasi dulu pada aplikasi tersebut agar bisa menggunakannya. Caranya mudah cukup ikuti petunjuk yang tertera.

Setelah melakukan registrasi untuk penggunaan aplikasi kalian juga sudah bisa langsung menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pendaftaran dan perpanjangan SIM.

Selanjutnya kalian cukup melakukan pelunasan pembayaran dengan nominal sesuai yang tertera pada aplikasi.

Metode pembayarannya sendiri dapat melalui Teller/ATM/M-Banking seluruh Bank yang menyediakan fitur pembayaran Virtual Account dan juga OVO & DANA.

Akhir Kata

Keberadaan aplikasi daftar SIM Online yang diterbitkan pihak Korlantas Polri ini tentunya merupakan terobosan besar dan bisa menjadi solusi proses administrasi yang ribet.

Hanya saja saat ini masih ada beberapa fitur yang belum tersedia di aplikasi ini namun ketidaktersediaan fitur-fitur tersebut tidak akan mengganggu proses pendaftaran atau perpanjangan SIM.

You are reading "Download aplikasi daftar SIM Online". Don't forget to share this because sharing is caring...