Aplikasi Kredit HP tanpa DP

Updated: 28 July
Aplikasi Kredit HP tanpa DP

Kebutuhan akan HP alias Hand Phone atau Smartphone cukup tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang yang mencari aplikasi kredit HP tanpa DP atau uang muka dan juga tanpa harus memiliki kartu kredit. Lalu apakah memang ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan kredit atau cicilan hp tanpa DP? jawabannya sudah pasti ada.

Kebutuhan akan smartphone alias ponsel pintar sangat tinggi di jaman modern ini. Bagaimana tidak, perangkat ini sudah menjadi asisten portable umat manusia. Banyak orang yang menggunakan perangkat ini tidak hanya untuk berkomunikasi seperti teleponan atau chattingan, tetapi juga menjadikannya alat untuk keperluan penting lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus digunakan sebagai alat utama untuk menghasilkan uang.

Kredit HP

Selain membelinya secara langsung, salah satu opsi yang tersedia adalah dengan melakukan kredit atau cicilan. Kredit akan sangat membantu bagi mereka yang menginkan perangkat smartphone ini namun belum memiliki cukup uang untuk membelinya. Kredit ini sendiri memberikan opsi pembayaran secara bertahap. Pembayarannya selama beberapa bulan tergantung dari tenor yang telah disetujui.

Banyak aplikasi yang memberikan layanan kredit dengan model pinjaman. Kurang lebih seperti ini, aplikasi ini adalah aplikasi dari perusahaan pihak ke tiga yang bekerjasama dengan banyak marketplace seperti tokopedia, shopee dan lainnya yang menjual barang apapun termasuk gadget seperti hp atau smartphone. Nah di sini kita sebagai pembeli akan melakukan pembayaran cicilan kepada perusahaan pihak ketiga tersebut melalui aplikasi yang mereka miliki.

Apakah aplikasi ini aman? tentu saja. Selama aplikasi tersebut resmi bekerja sama dengan marketplace yang ada serta mendapat ijin dan pengawasan dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selama memiliki dua kriteria tersebut maka sangat aman untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Apakah ada aplikasi yang menyediakan layanan kredit hp tanpa uang muka? jawaban ada, bahkan semua perusahaan resmi pemberi layanan kredit ini hampir semua tidak mengharuskan adanya uang muka alias DP

Download Aplikasi Kredit HP tanpa DP

Berikut ini beberapa aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kredit HP atau smartphone tanpa mengharuskan kamu untuk dp dulu.

1. Kredivo

kredivo

Kredivo merupakan salah satu penyedia layanan pinjaman online dan kredit yang cukup populer. Selain karena bung cicilan yang rendah, Down Payment (DP) alias uang muka juga tidak dipersyaratkan. Tenor yang disediakan dimulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Untuk tenor 30 hari dan 3 bulan kamu akan dikenai bebas bunga alias bunga 0%. Sedangkan untuk tenor 6 ke atas akan dikenai bunga 2.6% perbulannya. Kredivo sendiri sudah bekerjasama dengan banyak marketplace seperti bukalapak, tokopedia, lazada dan lainnya.

Syarat mendaftar di kredivo serta dokumen yang dibutuhkan

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). 
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun. 
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan. 
  5. Kartu identitas (KTP) dan swafoto (selfie) 
  6. Bukti tempat tinggal: hubungkan akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi 
  7. Bukti penghasilan: unggah foto NPWP atas namamu sendiri 

>> Download Kredivo <<

2. Indodana

Indodana

Berikutnya adalah Indondana. Aplikasi ini juga standalone dan sudah bekerjasama dengan banyak merchant/marketplace seperti bukalapak, erafone, tokopedia, elevania dan lain-lain. Indodana juga menawarkan sistem pembayaran kredit tanpa DP dengan Indodana Paylater.

Untuk tenor yang disediakan oleh indodana sendiri yaitu dari 1 sampai 12 bulan. Bunga yang dikenakan untuk tenor 1 bulan adalah 0% sedangkan selebihnya dikenakan bunga 3%. Selain itu ada juga biaya admin sekurang-kurangnya seribu rupiah.

Syarat mendaftar di Indodana

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia 17 - 55 tahun
  3. Memiliki KTP
  4. Memiliki NPWP
  5. Memiliki akun Internet Banking/BPJS kamu.
  6. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap
  7. Domisili di wilayah wilayah pelayanan Indodana

>> Download Indodana <<

3. Lazada 

Lazada merupakan aplikasi marketplace terpopuler di Indonesia. Lazada juga menawarkan opsi pembayaran dngan sistem cicilan menggunakan pihak partner yang salah satunya adalah Kredivo. Jika belum memiliki aplikasi Lazada di smartphonemu, cukup install saja melalui google playstore.

>> Download Lazada <<

4. Tokopedia

Tokopedia juga menawarkan sitem cicilan atau kredit tanpa DP. Caranya dengan memilih opsi kredit dengan pembayaran menggunakan Gopaylater Cicil. Gopaylater mungkin familiar di telinga kamu. Fitur ini adalah bagian dari aplikasi Gojek. Namu setelah merger antara Tokepedia dan Gojek menjadi GOTO, fitur ini juga tersedia sebagai opsi pembayaran secara kredity di Tokopedia.

Syarat dan ketentuan mengaktifkan GoPaylater

  1. Wajib melakukan upgrade akun GoPay ke GoPay Plus menggunakan KTP.
  2. WNI dengan usia minimal 21 tahun.
  3. GoPayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih.
  4. Foto KTP dan selfie dengan KTP.
  5. Mengaktifkan GoPayLater melalui aplikasi Gojek dan menyetujui ketentuan berlaku.
  6. Nomor yang terdaftar di Gojek wajib aktif dan bisa menerima SMS

Untuk bisa mengaktifkan Gopaylater ini kamu harus mengaktifkan gopay plus dulu agar bisa memiliki kesempatan mengakses gopaylater. Inilah salah satu kelemahannya, karena tidak semua bisa mengaktifasi gopaylater. Menurut situs gojek sendiri hanya orang-orang yang merupakan pelanggan setia yang memiliki kesempatan mengaktifkan gopaylater.

Untuk tenornya sendiri mulai dari 2, 3, 6, 12 bulan dengan bunga sebesar 2.75% setiap bulannya. Untuk limit pendanaan adalah 15 juta rupiah. Artinya dengan limit sebesar itu kamu bisa kredit HP iPhone keluaran terbaru. Untuk skema pembayarannya sendiri kurang lebih seperti ini: Kamu memesan HP iPhone 13 Mini pada tanggal 1 Januari maka kamu harus membayar tagihan pertama pada akhir bulan yaitu tanggal 31 januari.

Selain menggunakan Gopaylater Cicil kamu juga bisa menggunakan layanan parner tokopedia lainnya seperti kredivo atau BRI Ceria. Segera instal aplikasi tokopedia untuk melihat opsi lain yang tersedia.

>> Download Tokopedia <<

5. Shopee 

Shopee sama halnya dengan marketplace sebelumnya. Shopee juga menyediakan opsi kredit tanpa DP dengan pembayaran mengguanakan Shopee Paylater (SPayLater). Sebelumnya instal dulu aplikasi shopee terbaru di sini agar saat pendaftaran bisa lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah, cukup persiapkan dokumen berupa KTP.

Syarat dan ketentuan mengaktifkan SPayLater

  1. Memiliki akun Shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi oleh pihak Shopee 
  2. Akun Shopee telah dimiliki dan aktif minimal selama 3 bulan 
  3. Sering melakukan transaksi di Shopee 
  4. Telah melakukan update aplikasi Shopee ke versi terbaru 
  5. Memiliki KTP untuk dapat mengaktifkan Shopee Paylater. 

Untuk proses aktivasinya cukup buka aplikasi ini, masuk ke menu "saya" lalu pilih SPayLater. Berikutnya pilih opsi aktivasi dan cukup ikuti langkah-langkah yang tertera.

>> Download Shopee <<

6. Marketplace Lainnya

Beberapa marketplace juga menyediakan sistem pembayaran kredit tanpa DP seperti Blibli, JD id dan sebagainya. Silahkan download dan instal aplikasi untuk mengetathui informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi-aplikasi android  dari pihak ketiga yang menyediakan layanan kredit hp atau barang lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan opsi pembayaran kredit selama beberapa bulan dan juga tanpa dikenai DP. Hanya dengan melengkapi persyaratan kamu bisa langsung menggunakan layanan mereka. Berikut daftarnya:

  1. Kredivo
  2. Indodana
  3. Lazada
  4. Tokopedia
  5. Shopee
  6. Marketplace lainnya

Saran

Bagi yang ingin mencoba melakukan kredit hp atau barang lainnya sebaiknya memilih layanan yang menawarkan bunga rendah. Namun jika kamu mau yang anti ribet kamu bisa menggunakan opsi pembayaran yang sudah disediakan oleh aplikasi marketplace seperti shopee, tokopedia dan yang lainnya. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi melakukan penginstalan aplikasi kredit tambahan selain aplikasi marketplace tersebut.

You are reading "Aplikasi Kredit HP tanpa DP". Don't forget to share this because sharing is caring...