Cara mengganti gaya subtitle video Youtube di Android

Updated: 16 April
Cara mengganti gaya subtitle video Youtube di Android
Foto: Dokumen Pribadi

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang-orang aktifitas sehari-harinya di luar rumah menjadi berkurang dan terbatas. hal itu penting sebagai aksi social distancing guna menekan penyebaran virus covid-19.

Bagi yang aktifitas di luar rumahnya terbatasi, berada di dalam atau dilingkungan rumah bukanlah opsi melainkan sebuah keharusan dan hal tersebut kadang membuat kita menjadi bosan. Hal paling sederhana menghilangkan kebosanan tersebut adalah dengan menonton TV. Jika kalian juga bosan menonton TV maka kalian bisa beralis menonton video lucu di Youtube saja.

Youtube memang sudah menjadi platform berbagi video nomor 1 di dunia. Ada banyak jenis video yang dibagikan di sana, mulai dari berita, video lucu, video hewan, documentary, film, drama, anime dan sebagainya. Tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk menonton Youtube untuk menghabiskan waktu.

Salah satu jenis video yang cukup digemari ditonton di Youtube adalah drama Korea, dan anime. Iya di youtube kalian bisa menonton drama Korea atsu Cina dan anime secara legal. Ada beberapa perusahaan yang mengunggah dramanya ke Youtube untuk bisa ditonton secara gratis. Sebut saja KBS, Youku, Bilibili.

Untuk anime, ada juga beberapa channel miliki perusahaan yang menggunggah video anime. Sebut saja bilibli, paltform sharing video asal Cina ini mengunggah banyak video animasinya. Sebagian bisa ditonton secara gratis dan sebagian bisa ditonton jika bergabung pada channel berbayar mereka.

Untuk anime Jepang ada dua channel yang berani membeli lisensi anime dan menggunggahnya ke channel mereka seperti Muse Asia, Muse Indonesia dan Asia One. Tidak tanggung-tanggung, banyak anime yang mereka beli adalah anime berrating tinggi seperti salah satunya One Punch Man, Mushoku Tensei, Slime Datta Shittara dan lain-lain.

Adakalanya video yang mau kita totnton di Youtube menggunakan bahasa asing. Untuk bisa menikmatinya kita bisa mengaktifkan fitur subtitle yang sudah disediakan. Ada juga beberapa video yang tidak menyertakan subtitle.

Menonton di Youtube sendiri kebanyakan melalui perangkat smartphone. Namun menonton lewat smartphone kadang membuat tidak nyaman karena layarnya yang sedikit kecil. Apalagi jika subtitle diaktifkan, secara default subtitle tersebut terdiri dari dua baris jika teksnya panjang dan juga memiliki background berwarna putih.

Keberadaan subtitle ini sudah pasti mengurangi luas pandang kita. bahkan akan sedikit menggangu pada smartphone dengan ukuran layar 6 inchi ke atas. Maka dari itu perlu dilakukan peubahan pada style dari subtitle ini. Cara merubah gaya subtitle pada smartphone android ini masih banyak yang tidak tahu caranya. Bahkan yang lebih parah sebagian bahkan tidak tahu jika subtitle tersebut bisa diubah.

Cara merubah gaya subtitle video Youtube.

Untuk cara menggantinya sebenarnya sangat mudah. hanya butuh beberapa langkah saja. Berikut langkah-langkahnya

  1. Bukan aplikasi youtbe di smartphone android kalian.
  2. Klik profil kalian pada sudut kanan paling atas
  3. Gulir ke bawah dan pilih setting
  4. Berikutnya gulir ke bawah dan pilih caption.
  5. Silahkan ubah stylenya mulai dari segi warna, jenis font, latar dan sebaginya.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Silahkan ubah sesuai selera kalian sampai menonton youtube tidak akan terganggu lagi oleh background subtitle yang memakan tempat.

You are reading "Cara mengganti gaya subtitle video Youtube di Android". Don't forget to share this because sharing is caring...