Kumpulan software komputer yang wajib kamu instal di perangkat windowsmu

Updated: 28 July

Kumpulan software komputer yang wajib kamu instal di perangkat windowsmu - Kumpulan software komputer atau laptop yang wajib kamu instal di perangkat komputermu akan kami jelaskan pada artikel kali ini.

Kumpulan software komputer yang wajib kamu instal

Memiliki perangkat komputer merupakan salah satu cara untuk menunjang pekerjaan sehari-hari sehingga pekerjaan tersebut bisa menjadi lebih mudah.

Tidak hanya terkait pekerjaan atau atau kegiatan lainnya, tetapi juga komputer ini menjadi sarana untuk mendapatkan hiburan.

Umumnya perangkat komputer yang dijual di Indonesia sudah terpasang sistem operasi berupa windows. Untuk versinya umumnya menggunakan versi terbaru yaitu windows 11.

Untuk komputer keluaran lama, sistem operasinya umumnya adalah window 7, 8 atau 10, tentu jika penggunanya tidak melakukan pembaruan.

Selain sistem operasi, umumnya perangkat komputer maupun laptop sudah terpasang beberapa aplikasi perangkat lunak atau software yang berguna.

Namun kadang ada juga yang di dalamnya masih bersih tanpa terinstal apapun. Tujuannya tentu agar penggunanya bisa memilih dan memasang sendiri sesuai keinginnya.

Nah berikut ini kumpulan software komputer yang wajib kamu memiliki.

1. Anti Virus

Anti Virus

Hal pertama yang perlu kamu instal pada komputermu adalah antivirus.Seperti yang kita ketahui bahwa OS Windows sangat mudah terinfeksi oleh virus.

Misalkan saat kamu asal-asalan membuka situs di internet maka ada kemungkin komputermu akan terinfeksi virus, malware dan sebagainya.

Jika sudah terinfeksi maka akan ada banyak kerugian yang muncul seperti perangkat lunak yang rusak, dokumen yang rusak, sampai data pribadi yang dicuri.

Maka dari itu menginstal antivirus menjadi hal yang sangat wajib agar nantinya kumputermu terhindar dari hal-hal tersebut di artas.

Untuk jenis antivirusnya sendiri ada banyak, kamu bisa memilih yang free alias gratis atau yang berbayar.

2. Browser

Browser

Browser alias alat perambaan merupakan sotware yang wajib dimiliki oleh sebuah komputer. Secara default, di dalam sistem operasi windows sudah terdapat browser bawaan.

Untuk windows terbaru seperti 10 atau 11, sudah terpasang browser buatan microsoft yaitu microsoft edge.

Bgai yang ingin mencoba browser lainnya, terdapat beberapa pilihan browser yang bisa kamu download secara gratis.

Ada Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Namun jika harus memilih, maka kamu baiknya menggunakan Chrome.

>> Download Google Chrome di sini <<

3. Office Tools

Office Tools
Office Tools

Office Tools yang admin maksud di sini adalah perangkat lunak pengolah kata dan data seperti Microsoft Office.

Software ini sangat integral untuk keperluan kantoran, kuliah sekolah ataupun seluruh kegiatan yang membutuhan pengolaan kata atau data.

Umumnya komputer atau laptop yang dibeli sudah dilengkapi dengan Microsoft Office. Namun jika pada komputermu belum terpasang tools tersebut, kamu bisa mencoba memasang alternatifnya.

Ada beberapa alternatif office yang berbayar dan ada yang full gratis. Untuk yang gratis kamu bisa mencoba Libre Office.

Software pengolah ini tidak kalah bagus dengan Microsoft Office. Ekstensi filenya juga sama, jadinya dokumen bisa dibuka pada kedua jenis software tersebut.

>> Download Libre Office di sini <<

4. Software Multimedia

Software Multimedia

Memiliki komputer berarti kamu memiliki salah satu media hiburan terbaik di dunia. Maka dari itu software multimedia wajib untuk diinstal.

Untuk menikmati musik, kamu bisa menggunakan software gratisan legendaris seperti WinAmp dan sebagainya.

Untuk menikmati video, kamu bisa menggunakan software GOM Playeryang full gratis dan sebagainya.

>> Download GOM Player <<

5. Software Pengompres

Software Pengompres

Banyak dokumen atau file lainnya dibagikan di jaringan internet dalam bentuk terkompres. Umumnya akan berupa file berekstensi zip ata rar.

Jenis file terkompres ini tidak akan bisa dibuka jika tidak menggunakan software khusus untuk mengeksekusi file terkompres.

Ada beberapa software pengompres yang bisa kamu pasang secara gratis pada perangkatmu. Yang populer mungkin adalah Winrar.

Hanya saja Winrar ini sejatinya tidak sepenuhnya gratis. Kalau mau yang full gratis maka pilihan yang paling tepat adalah 7-zip.

>> Download 7-zip di sini <<

6. Editor Gambar

Editor gambar atau software yang bisa digunakan untuk membuat atau mengedit gambar sebenarnya bukanlah sebuah keharusan. Namun banyak yang sangat terbantu dengan keberadaan software yang saru ini.

Apalagi jika kalian hobi desain atau sedang menggeluti bidang desain grafis maka editor gambar ini levelnya bisa meningkat menjadi wajib.

Untuk komputer/laptop baru umumnya terinstal editor gambar seperti Adobe Photoshop. Meskipun sebenarnya kemungkinan besar itu bajakan.

Jika kalian belum memiliki editor gambar ini, maka kalian bisa mencoba software gratisan yang tersedia di internet.

Contohnya seperti GIMP, sebeuah editor gambar sumber terbuka yang fiturnya tidak kalah dengan Photoshop. Meski gratis, software ini juga dipakai oleh profesional.

Editor Gambar

Kamu juga bisa mencoba editor gambar seperti Photopea yang modelnya berbasis web. Artinya kamu tidak perlu melakukan instalasi tapi cukup membukanya dengan browser.

Jika kamu berminat untuk mendownlad GIMP, silahkan klink link di bawah:

>> Download GIMP <<

7. PDF Reader

Dokumen yang tersedia di internet tidak selamanya berekstensi doc atau docx namun ada juga yang berekstensi pdf.

Tentu ekstensi pdf ini tidak akan bisa dieksekusi oleh program Microsoft office ataupun LibreOffice melainkan harus dengan software PDF Reader.

Pembaca PDF ini sendiri ada beberapa. Ada yang tersedia secara gratis sampai yang berbayar. Tentu di sini admin hanya akan merekomndasikan yang free saja.

Kenapa? PDF reader yang gratisan sebenarnya sudah memenuhi kebutuhan kita untuk membaca hingga membuat file PDF.

PDF Reader

Jika tertarik untuk menggunakan PDF reader gratisan, maka Foxit PDF Reader adalah pilihan yang terbaik.

>> Download Foxit PDF Reader <<

Nah itulah Kumpulan software komputer yang wajib kamu instal di perangkat windowsmu. Semoga bermanfaat.

You are reading "Kumpulan software komputer yang wajib kamu instal di perangkat windowsmu". Don't forget to share this because sharing is caring...