Apakah Whasapp mod aman digunakan?

Updated: 16 April
Apakah Whasapp mod aman digunakan?
Foto: Dokumen Pribadi

Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer. Aplikasi yang sudah diakuisisi oleh facebook ini memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 2 miliar per januari 2020 berdasarkan data web statista. Nilai ini menempatkan whatsapp di posisi pertama sebagai aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan disusul oleh facebook messenger, wechat, QQ dan telegram di posisi ke lima.

Kepopuleran whatsapp ini tidak terlepas dari kemudahan dalam penggunaan serta tampilannya yang sederhana dan user friendly. Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini mudah diguanakan oleh siapa saja bahkan oleh yang pertama menggunakan aplikasi ini. Tidak heran jika aplikasi ini digunakan baik oleh pelajar sampai orang tua. Selain itu fitur grup ini tersedia membuat whatsapp lebih nyaman digunakan untuk komunitas.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh whatsapp cukup beragama tidak terbatas pada format text saja. Aplikasi ini mendukung pengiriman file dalam format dokumen, gambar, video, audio, lokasi (map) dan kontak. Selain itu aplikasi ini juga bisa dibuka melalui perangkat PC/laptop. Hanya saja jika ingin menggunakannya di PC/Laptop, maka aplikasi baik di smartphone dan di PC/Laptop harus sama-sama tetap aktif.

Salah satu versi whatsapp yang cukup banyak digunakan adalah versi Mod alias "Modified Version" atau versi yang sudah dimodifikasi. Whatsapp mod ini sudah pasti bukan versi official alias resmi yang dibuat oleh developer whatsapp, melainkan aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga. Varian Mod ada beberapa yang cukup terkenal seperti Whatsapp Plus, Whatsapp Go, GBWhatsapp, OGWhatsapp dan lain-lain.

Kelebihan dari whatsapp mod ini cukup banyak. Secara umum whatsapp mod dibuat dengan tujuan untuk melewati semua retriksi dari whatsapp resmi. Retriksi tersebut seperti tema yang lebih variatif dengan dukungan berupa opsi merubah warna bar yang lebih banyak, video yang dikirim mendukung durasi yang lebih panjang. Dan banyak lagi fitur lainnya. Tidak heran jika whatsapp mod ini cukup populer digunakan terutama dikalangan pelajar.

Apakah Whatsapp Mod Aman?

Namun apakah whatsapp mod ini aman digunakan? Jawaban tentu saja tidak. Hal itu karena whatsapp mod ini bukan lagi versi resmi alias standar, melainkan versi yang sudah dikorek, dirubah beberapa aturannya dan sebagainya oleh pihak ketika. Selain itu sertiap pesan yang dikirimkan bisa terlihat oleh pihak ketiga dalam hal ini adalah server whatsapp mod.

Jadi jika kalian ingin menggunakan whatsapp mod ini, pastikan kalian tahu bahwa dengan menggunakannya semua pesan baik dalam bentuk teks, audio, video, file atau apapun kerahasiaannya tidak terjamin lagi. Bisa dibilang privasi kalian tidak terjaga. Pihak ketiga yang bisa mengaksesnya bisa saja menyalahgunakan informasi pribadi kalian.

You are reading "Apakah Whasapp mod aman digunakan?". Don't forget to share this because sharing is caring...